Detail Penelitian / Publikasi / Kajian

Bapelitbang Kab.Batang

Pengembangan Desa Pintar Yang Berbasis Teknologi Dengan Didukung Sistem Informasi Pelayanan Administrasi Desa


Info Artikel

Jenis Dokumen :
Publikasi

Tahun Terbit/Pelaksanaan :
2017

Abstrak

Desa memiliki peran penting sebagai salah satu penyumbang pendapatan daerah. Kekuatan ekonomi desa tidak berdaya terhadap mekanisme pasar, dan desa selalu berada pada ketidakberyaaan dan ketidakseimbangan  hubungan dengan kota. Salah satu upaya untuk lebih mendorong perekonomian lokal adalah mendorong pengembangan tingkat desa dengan berbasis pada kearifan lokal, potensi sumber daya dan keunikannya.   Desa-desa yang mampu mendayagunakan sumberdayanya dengan cara yang berbeda dikembangkan menjadi desa inovatif ataupun kreatif.

Demikian juga dengan pemerintah Kabupaten Batang yang berada di posisi jalur ekonomi pulau Jawa sebelah utara. Arus transportasi dan mobilitas yang tinggi di jalur pantura memungkinkan berkembangnya kawasan tersebut yang cukup prospektif di sektor jasa transit dan transportasi. Kondisi wilayah Kabupaten Batang yang merupakan kombinasi antara daerah pantai, dataran rendah dan pegunungan, menjadikan Kabupaten Batang berpotensi yang sangat besar untuk agroindustri, agrowisata dan agribisnis (Wikipedia, 2017).

Pemanfaatan teknologi mencakup bidang administrasi desa dan juga pemberdayaan masyarakat dengan cara lebih mengenalkan produk unggulan yang ada agar dapat diterma oleh lingkungan diluar Kabupaten Batang. Produk unggulan yang ada antar lain Batik dengan Pewarna Alami dan dikerjakan secara hand made, Telor Asin Denasri Kulon  sangat baik namun belum setenar telur asin Brebes dan Produk jajanan atau oleh-oleh. Ke depan diharapkan di Desa Denasri Kulon muncul wirausaha wirausaha baru.

Masyarakat Denasri Kulon disarankan lebih mengenal dan memanfaatkan teknologi informasi baik melalui Komputer maupun Smartphone  untuk memasarkan produk baik melalui e-commerce, sosial media ataupun e marketplace.


Kata Kunci : Denasri Kulon, Kab Batang, Batik pewarna alami, wirausaha



Peneliti/Penulis