Detail Penelitian / Publikasi / Kajian

Bapelitbang Kab.Batang

Sistem Informasi Geografis Tempat Praktik Dokter Umum,Dokter Spesialis,dan Dokter Gigi Di Wilayah Kabupaten Batang Berbasis Web


Info Artikel

Jenis Dokumen :
Publikasi

Tahun Terbit/Pelaksanaan :
2018

Abstrak

Jika seseorang sakit, maka perlu mencari dokter untuk mendapatkan pengobatan. Sebagian besar orang pasti akan mencari dokter yang bekerja di dekat rumah atau yang dipercaya. Ada kalanya dokter gigi sedang tutup, kemudian harus mencari dokter lain. Hal ini membutuhkan waktu yang lama untuk mencari tempat praktek dokter. Kesulitan akan meningkat ketika seseorang yang sakit dan membutuhkan dokter spesialis, karena jumlah tempat praktik dokter yang sedikit. Untuk itu dibutuhkan informasi yang dapat digunakan dengan cepat untuk membantu mencari pekerjaan di tempat dengan menggunakan Sistem Informasi Geografis. Sistem Informasi Geografis merupakan sistem yang mampu menghubungkan berbagai data pada titik-titik tertentu yang memungkinkan dan memetakannya.

Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah model watelfall (air terjun) dengan tahapan perencanaan, analisis, perancangan dan implementasi.

Hasil yang didapatkan adalah terwujudnya suatu Sistem Informasi Geografistempat praktik dokter umum, dokter spesialis dan dokter gigidi wilayah kabupaten batang berbasis webdinamis, sehingga dapat memberikan informasi kepada masyarakat agar mudah menemukan tempat praktik dokter di Kabupaten Batang.

Untuk pengembangan aplikasi selanjutnya,penginputan lokasi tempat praktik dokter dapat secara langsung membuka google maps dengan meletakan marker pada lokasi tempat praktik dokter tersebut tanpa harus menginputkan nilai koordinat lokasi dan dapat dikembangkan lagi ke kategori pelayanan kesehatan yang lainnya.

Keyword : Dinas Perikanan dan Peternakan, Bahan Bakar Minyak (BBM), Waterfall



Peneliti/Penulis