Detail Penelitian / Publikasi / Kajian

Bapelitbang Kab.Batang

Sistem Informasi Rekomendasi BBM Di Dinas Kelautan Perikanan dan Peternakan Kabupaten Batang


Info Artikel

Jenis Dokumen :
Publikasi

Tahun Terbit/Pelaksanaan :
2018

Abstrak

 Dinas Kelautan dan Peternakan Kabupaten Batang adalah badan yang berwenang mengurusi semua kegiatan yang berhubungan dengan kelautan perikanandan peternaka di Wilayah Kabupaten Batang yang bergerak dalam bidang pengawasan penangkapan ikan oleh nelayan di perairan Jawa, pakan ternak, pelelangan ikan dan pembudidaya ikan. Adapun masalah yang terjadi dalam pengolahan data rekomendasi BBM solar bersubsidi bagi nelayan di Kabupaten Batang masih dilakukan dengan beberapa proses antara lain dari perhitungan Microsoft Excel kemudian data dioleh kembali dengan Microsoft Word untuk pembuatan surat rekomendasi BBM. Surat rekomendasi yang sudah jadi direkap kembali ke Microsoft Word yang kemudian dikirim ke tempat pembelian BBM dan untuk kebutuhan laporan perbulan. Dari proses ini kendala yang sering terjadi antara lain sering terjadi data yang rangkap, pembuatn laporan yang lama karena harus melewati beberapa proses.

Adapun metode penelitian yang digunakan adalah model watelfall (air terjun) dengan tahapan komunikasi, perencanaan, model, kontruksi.

Hasil yang didapatkan adalah terwujudnya suatu sistem informasi rekomendasi BBM di Dinas Perikanan dan Peternakan sebagai aplikasi bantu seksi usaha perikanan dalam mengolah surat rekomendasi BBM dan laporan ditiap bulan dan dapat membantu merekomendasikan BBM bagi nelayan.

Untuk pengembangan aplikasi selanjutnya,pengembang bisa menambahkan fitur back up.

Keyword : Dinas Perikanan dan Peternakan, Bahan Bakar Minyak (BBM), Waterfall


Peneliti/Penulis