Detail Penelitian / Publikasi / Kajian

Bapelitbang Kab.Batang

Upaya Peningkatan Self-Efficacy Pada Siswa Melalui Layanan Konseling Kelompok Dengan Model CBT


Info Artikel

Jenis Dokumen :
Publikasi

Tahun Terbit/Pelaksanaan :
2018

Abstrak

Upaya peningkatan self-efficacy siswa yang mengalami kecemasan tinggi pada mata pelajaran kimia. Berdasarkan hasil pengamatan dan wawancara terhadap guru mata pelajaran kimia, ada 5 siswa yang memiliki self-efficacy yang rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan self-efficacy siswa melalui layanan konseling kelompok dengan model CBT (Cognitive Behavioral Therapy).

Subyek penelitian berjumlah 5 siswa dengan metode pengumpulan data menggunakan angket, observasi, wawancara dan studi dokumentasi yang kemudian akan dianalisis menggunakan analisis secara deskriptif melalui matriks.

Hasil penelitian pelaksanaan layanan konseling kelompok dengan teknik Cognitive Behavioral Therapy dapat meningkatkan self-efficacy siswa.

Siswa yang mempunyai kecemasan tinggi dalam mengikuti pelajaran tertentu dapat dibantu dengan layanan konseling kelompok model cognitive Behavior Therapy (CBT).

Kata Kunci: Layanan Konseling Kelompok, CBT, Self Efficacy.



Peneliti/Penulis