Detail Penelitian / Publikasi / Kajian

Bapelitbang Kab.Batang

Implementasi Game Board History Untuk Meningkatkan Ketrampilan Sosial dan Hasil Belajar IPS Peserta Didik Kelas VII C SMP N 1 Kandeman


Info Artikel

Jenis Dokumen :
Publikasi

Tahun Terbit/Pelaksanaan :
2018

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui implementasi Game Board History; (2) meningkatkan keterampilan sosial peserta didik; (3) meningkatkan hasil belajar IPS peserta didik kelas VIII C SMPN 1 Kandeman.

Karya Inovasi ini merupakan penelitian tindakan kelas, menggunakan desain spiral Kemmis & taggart. Subyek penelitian adalah 35 peserta didik kelas VIII C SMPN 1 Kandeman. Penelitian terdiri atas dua siklus masing-masing siklus terdapat dua kali pertemuan. Setiap siklus menggunakan empat tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Tindakan dilaksanakan pada bulan April s.d Mei 2018.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah: (1) observasi, (2) tes hasil belajar,  dan (3) dokumentasi, sedangkan instrumen yang digunakan adalah: (1) pedoman observasi guru dan peserta didik;(2)soal tes hasil belajar;dan (3)lembar dokumentasi.Analisis data menggunakan analisis deskriptif komparatif.

Hasil penelitian adalah sebagai berikut:(1) Pembelajaran Game Board History dapat diimplementasikan pada pembelajaran IPS Kelas VIII C SMPN 1 Kandeman, ada peningkatan rata-rata dari enam tahapan Game Board History, pada siklus 1 rerata 72,92 (baik) dan siklus II rerata 91, 66 (sangat baik)  (2) Ada peningkatan rata-rata dari sepuluh  indikator amatan keterampilan sosial peserta didik, pada siklus I rerata skor 59,00 (terampil) dan siklus II  rerata skor 80,71 (sangat terampil). (3) Ada peningkatan ketuntasan hasil belajar IPS peserta didik, pada siklus I ketuntasan belajar  71,43% dengan rerata nilai 78,86 dan siklus II 88,57% dengan rerata nilai 87,14.

Saran bagi pembaca adalah sebagai berikut: (1) Game Board History dapat diterapkan pada semua mata pelajaran tidak hanya IPS, dimana pembelajaran tersebut terdapat konsep materi yang cukup banyak, sedangkan peserta didik kesulitan dalam memahaminya, tinggal jumlah roda bundar dapat disesuaikan dengan kebutuhan, dapat ditambah maupun dikurangi; (2) Penelitian ini dapat menjadi acuan bagi peneliti lain untuk mengembangkan penelitian yang sejenis berfokus pada keterampilan peserta didik dalam mengeluarkan pendapat; (3)Penelitian hanya berfokus pada hasil belajar psikomotor dan kognitif, belum mengungkap ranah afektif, sebaiknya penelitian mengupas hasil belajar secara komprehensif.

Kata Kunci: Game Board History, keterampilan sosial,hasil belajar IPS.



Peneliti/Penulis