Detail Penelitian / Publikasi / Kajian

Bapelitbang Kab.Batang

Analisi Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kecenderungan Radikalisme Pada Siswa SMA Negeri Di Kabupaten Batang


Info Artikel

Jenis Dokumen :
Publikasi

Tahun Terbit/Pelaksanaan :
2018

Abstrak

Radikalisme merupakan paham yang menginginkan perubahan dengan cara kekerasan yang sasarannya adalah pelajar. Langkah yang dilakukan oleh pemerintah Kabupaten Batang adalah penyelenggaraan pendidikan karakter.  Salah satu yang menjadi programnya adalah pembiasaan pemutaran lagu kebangsaan dan shalat dhuha. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kebiasaan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan kebiasaan shalat dhuha terhadap kecenderungan radikalisme pada Siswa SMA Negeri di Kabupaten Batang.

Penelitian ini menggunakan studi sampel dengan metode convenience  sampling. Responden dalam penelitian ini berjumlah 416 siswa. Pengumpulan  data  menggunakan kuesioner. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda dengan menggunakan softaware SPSS V.17.

Hasil peneitian ini menunjukkan bahwa kebiasaan menyanyikan lagu Indonesia Raya berpengaruh negatif terhadap kecenderungan radikalisme dan kebiasaan shalat dhuha tidak berpengaruh terhadap kecenderungan radikalisme.

Berdasarkan hasil penelitian tersebut diharapkan sekolah untuk mengadakan seminar mengenai bahaya radikalisme untuk terciptanya pendidikan di Kabupaten Batang yang bebas radikalisme. 

 

Kata Kunci: Kecenderungan Radikalisme, Kebiasaan menyanyikan lagu Indonesia Raya, Kebiasaan shalat dhuha.



Peneliti/Penulis