Detail Penelitian / Publikasi / Kajian

Bapelitbang Kab.Batang

Analisis Keterkaitan Kerja Ditinjau Dari Hardines Pada Aparat Pemerintah Desa Kabupaten Batang


Info Artikel

Jenis Dokumen :
Publikasi

Tahun Terbit/Pelaksanaan :
2018

Abstrak

Sumber daya manusia aparatur memiliki peranan penting, karena sumber daya manusia (aparat pemerintah desa) berperan dalam menggerakkan dan menyinergikan sumber daya lainnya dalam mencapai tujuan organisasi. Aparat pemerintah desa harus mencurahkan energi lebih dalam melaksanakan tugas pekerjaannya berkaitan dengan tanggungjawab besar terhadap situasi dan kondisi yang terjadi di wilayah desanya. Karakteristik tersebut lekat dengan konsep keterikatan kerja, yaitu memiliki semangat yang tinggi dalam bekerja dan mengidentifikasi penuh pekerjaan dalam dirinya. Hardines merupakan salah satu cara untuk memberikan efek positif pada kondisi psikologis anggota aparatur pemerintah desa yang bekerja. Individu yang bekerja dengan perasaan yang positif dapat menjadi terikat terhadap pekerjaan dan menghasilkan keuntungan bagi organisasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat hardinesdan keterikatan kerja pada aparatur pemerintah Kabupaten Batang serta Untuk mengetahui hubungan antara hardinesdan keterikatan kerja.

Penelitian berfokus pada aparat pemerintah desa Kabupaten Batang. Teknik sampling yang digunakan yaitu dengan convenience sampling. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif, pengumpulan data menggunakan Skala Hardines (r 0,96) dan Skala Keterikatan Kerja (r 0,92). Analisis data menggunakan analisis korelasi Product Moment Pearson pada program SPSS (Statistical Package for Service Solution) 21.0.

Hasil analisis data menunjukan mayoritas aparat pemerintah desa di Kabupaten Batang berada pada kategori tinggi pada variabel hardines dan keterikatan kerja. Analisis data juga menunjukan angka korelasi (rxy = 0.62; p = 0,000).  Koefisien korelasi tersebut menunjukan adanya hubungan signifikan positif antara hardines dengan keterikatan kerjapada aparat pemerintah desa.

Saran dalam penelitian ini adalah, bagi subjek dengan hardines dan keterikatan kerja tinggi agar mempertahankan dengan bersikap positif dan memberikan dukungan penuh untuk organisasi. Sedangkan bagi pemerintah daerah melalui kecamatan untuk dapat memberi pengetahuan yang berkaitan dengan tugas pokok dan fungsi aparat pemerintah desa.

 

Kata kunci: Aparat pemerintah desa, keterikatan kerja, hardines

 



Peneliti/Penulis