Detail Penelitian / Publikasi / Kajian

Bapelitbang Kab.Batang

Kajian Tentang Dana Desa Di Kabupaten Batang

, ,


Info Artikel

Jenis Dokumen :
Kajian

Tahun Terbit/Pelaksanaan :
2018

Abstrak

Dana desa diharapkan mampu membuat desa di Indonesia lebih maju dan sejahtera. Jumlah dana yang besar membuat sebagian aparatur desa terkadang kesulitan dalam hal pengelolaannya, apalagi dalam hal pertanggungjawaban. Diperlukan sinergi antara pemerintah daerah dan desa agar terjadi pemerataan pembangunan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui problem dan tantangan, serta kesiapan aparatur desa dalam mengelola dana desa.

      Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian dilaksanakan di 5 desa di Kabupaten Batang. Metode yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi.

      Hasil penelitian diperoleh bahwa problem dan tantangan pelaksanaan dana desa di Kabupaten Batang adalah keterbatasan sumber daya manusia, yaitu kualitas sumber daya aparatur yang dimiliki desa masih rendah. Kesiapan aparatur desa pada dasarnya sudah siap dengan adanya program dana desa, ditunjukkan dengan kepala desa mempersiapkan atau menyediakan staf yang menguasai teknologi informasi untuk mengelola dana desa.

      Saran, bagi pemerintah desa, terus berupaya meningkatkan kapasitas aparatur pemerintah desa untuk meningkatkan kualitas pengelolaan dana desa sesuai dengan misi dan harapan pemerintah terhadap pengelolaan dana desa. Perubahan paradigma mengenai perilaku dan pola pikir bagi setiap aparatur desa secara terus berkelanjutan dari pamong desa menjadi pelayan publik/masyarakat desa. Bagi pemerintah daerah, menyediakan tenaga pendamping bagi desa yang profesional dan memadahi sesuai dengan jumlah desa, untuk mendorong percepatan alih teknologi dan meningkatkan tata kelola keuangan desa. Juga menyelenggarakan pelatihan bagi aparatur desa secara komprehensif dan berkelanjutan dengan substansi materi yang tepat sasaran untuk pembenahan dan peningkatan tata kelola dana desa.


Kata Kunci: Dana Desa, Problem dan Tantangan, Kesiapan Aparatur Desa.



Peneliti/Penulis

Nama Drs. RETNO DWI IRIANTO, MM. ( )
Afiliasi -
Bidang Kepakaran -
Nama Siti Ismuzaroh ( )
Afiliasi -
Bidang Kepakaran -
Nama Sigit Prasetyo ( )
Afiliasi -
Bidang Kepakaran -