Detail Penelitian / Publikasi / Kajian

Bapelitbang Kab.Batang

Meningkatkan Hasil Belajar Dengan Model Pembelajaran LISSEND JAWMAN Materi Ikatan Kimia Kelas X-9 SMAN 1 Batang


Info Artikel

Jenis Dokumen :
Publikasi

Tahun Terbit/Pelaksanaan :
2017

Abstrak

Penelitian ini dilakukan atas keprihatinan pengalaman lalu terhadap kurangnya semangat belajar materi ikatan kimia kelas X. Hal ini dimungkinkan siatu pembelajaran yang kurang mendukung siswa untuk ikut terlibat dalam pembelajaran. Disini dicobakan model pembelajaran Lissend Jawman. Pembelajaran tersebut membawa siswa pada belajar  memecahkan masalah melalui diskusi kelompok dalam suasana yang menyenangkan dengan bantuan alunan music. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan rasa ingin tahu siswa dan prestasi belajar materi ikatan kimia siswa melalui pembelajaran tersebut. Ruang lingkup penelitian ini adalah siswa kelas X-9 SMAN 1 Batang. Penelitian dilaksanakan dalam bentuk penelitian tindakan kelas. Variabel penelitian ini adalah rasa ingin tahu dan prestasi belajar siswa. Instrumen penelitian dengan menurunkan indikator-indikator pada variabel tersebut dan masing-masing indikator diberi rubrik penilaiannya. Data diambil dengan menggunakan lembar pengatan untuk variabel rasa ingin tahu dan tes untuk prestasi belajar. Data yang diperoleh diolah dengan menggunakan analisis deskriptif untuk menguji adanya peningkatan hasil belajar.

            Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada kedua variabel tersebut setelah diterapkan pembelajarannya. Skor rasa ingin tahu siswa pada siklus 1 dan siklus 2 berturut-turut 75,3% menjadi 89,3%. Adanya peningkatan pada rasa ingin tahu siswa menyebabkan adanya peningkatan pada prestasi belajar siswa, pada siklus 1 dan siklus 2 berturut-turut dari 72,5 mendaji 85,9. Dari kondisi prestasi belajar tersebut dilihat lebih jauh terhadap yang tuntas juga menunjukkan adanya peningkatan dari  63,33% menjadi 100%. Dengan demikian pembelajaran yang lebih banyak menuntut siswa berdiskusi untuk memecahkan masalah dan dengan iringan musik dapat membawa siswa meningkatkan  semangat rasa ingin tahunya, akibatnya hasil tes prestasi belajarnyapun menjadi lebih baik. 

| Kata kunci: rasa ingin tahu, prestasi belajar, Lissend Jawman, Ikatan kimia



Peneliti/Penulis