Detail Penelitian / Publikasi / Kajian

Bapelitbang Kab.Batang

MENGEMBANGKAN ENTREPRENEURSHIP MELALUI KECAKAPAN HIDUP BERBASIS POTENSI LOKAL SEBAGAI MODEL PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH ADIWIYATA


Info Artikel

Jenis Dokumen :
Penelitian

Tahun Terbit/Pelaksanaan :
2018

Abstrak

          Latar belakang dilakukan penelitian ini adalah besarnya angka pengangguran di Indonesia dipengaruhi oleh rendahnya entrepreneurship populasi penduduk yang muda. Membangun SDM yang berpotensi, berkualitas menyangkut relevansinya, dan kebutuhan pasar di dunia kerja dan usaha masih menjadi persoalan bagi bangsa ini. SDM kita belum memiliki kecakapan hidup yang baik. Secara otomatis hal tersebut juga akan berimbas pada persaingan yang semakin ketat di pasar dunia kerja dan usaha. Padahal kecakapan hidup generasi bangsa sangat ditentukan oleh pendidikan karakter yang mampu mengembangkan nilai-nilai etika inti seperti kepedulian, kejujuran, keadilan, tanggung jawab, dan rasa hormat terhadap diri dan orang lain bersama dengan nilai-nilai kinerja pendukungnya seperti ketekunan, etos kerja yang tinggi, dan kegigihan--sebagai basis karakter yang baik. Nilai-nilai karakter itu merupakan pondasi yang kuat bagi pembentukan kecakapan hidup yang menjadi syarat berkembangnya entrepreneurship tenaga kerja muda Indonesia.

         Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana dan seberapa besar pengembangan entrepreneurship melalui kecakapan hidup berbasis potensi lokal sebagai model dalam penguatan pendidikan karakter di sekolah adiwiyata.

         Metode penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode survey dengan langkah-langkah meliputi : 1) merumuskan masalah penelitian dan menentukan tujuan survei; 2) menentukan konsep dan hipotesa serta menggali kepustakaan; 3) pengambilan sampel; 4) pembuatan instrumen penelitian; 5) pekerjaan lapangan; 6) pengolahan data; 7) analisa dan pelaporan. Langkah-langkah strategis tersebutdipersiapkan untuk mengurangi pengangguran dengan mengembangkan entrepreneurship didasarkan pada nilai-nilai kecakapan hidup atau kecakapan hidup berbasis potensi lokal serta mengacu kepada penguatan pendidikan karakter bangsa dalam berbagai kegiatan di sekolah seperti pada pembelajaran di kelas, kegiatan ekstrakurikuler, maupun dalam kegiatan-kegiatan lainnya diharapkan dapat menumbuhkembangkan jiwa  pantang menyerah, etos kerja yang tinggi, mandiri, kreatif, inovatif dalam menciptakan karya-karya di segala bidang, sehingga pada akhirnya mampu menciptakan sumber daya manusia yang mumpuni bagi negara ini. Adapun berbasis potensi lokal dimaksudkan agar kelak generasi muda dapat menjadi agen of change bagi pembangunan di daerahnya sendiri.

        Pengembangan unsur-unsur utama yang ada dalam entrepreneurship, yaitu: penerapan kreativitas dan inovasi, pemanfaatan peluang, membuat perubahan, dan memberikan nilai tambah bagi diri sendiri dan orang lain dilaksanakan dalam bingkai sekolah adiwiyata dengan mempertimbangkan hubungan erat antara unsur-unsur yang ada pada kecakapan hidup dan pendidikan karakter. Nilai-nilai kecakapan dasar dan instrumental dalam kecakapan hidup dan nilai-nilai religius, nasionalis, mandiri, gotong-royong dan integritas dalam pendidikan karakter dibangun untuk mengembangkan entrepreneurship dengan melaksanakan kegiatan-kegiatan berbasis kelas, budaya sekolah dan masyarakat  seperti (i) Membuat taman, membuat tempat pemilahan sampah dari bahan bekas, membuat pot bunga dan tanaman dari bahan-bahan bekas, (ii) Olah hasil kebun untuk komoditi dan pemasarannya: Minuman Jahe, bibit tanaman, jajan tradisional, (iii) Gerakan go green dan go  clean, gerakan membaca (literasi),  berpacu dalam prestasi, ekstrakurikuler,  pemberian penghargaan, publikasi facebook, blogspot, lewat koran dan media cetak lainnya, (iv) Pembenihan, pembibitan, pengembangbiakan vegetatif (cangkok, tempel, sisip, stek), produksi pupuk bokhasi, pupuk organik cair dan Minuman Jahe Merah.

 

Kata kunci :  Entrepreneurship, Kecakapan Hidup, Penguatan Pendidikan Karakter.

 



Peneliti/Penulis