Detail Penelitian / Publikasi / Kajian

Bapelitbang Kab.Batang

Pemberantasan Penyalahgunaan Narkoba Dikalangan Pelajar Kabupaten Batang Dengan Dibentuknya Kader 'Pelana' (Pelajar Anti Narkoba)


Info Artikel

Jenis Dokumen :
Kajian

Tahun Terbit/Pelaksanaan :
2013

Abstrak

Tingkat penyalahgunaan Narkoba di kalangan pelajar Kabupaten Batang sudah memasuki tingkatan yang mengkhawatirkan,hal ini terjadi karena kurangnya kepedulian dan kepekaan pelajar mengenai penanggulangan narkoba, dan juga kurangnya program nyata penanggulangan narkoba yang melibatkan pelajar atau program-program yang telah dibuat hanya mengandalkan peran pemerintah saja melalui BNN tanpa adanya peran aktif serta pelajar itu sendiri. Maka dari itu, penelitian ini kami lakukan dengan maksud dan tujuan untuk mengetahui perlu atau tidaknya diadakan organisasi Pelajar Anti Narkoba (PELANA) di Kabupaten Batang juga untuk mengetahui struktur, misi, dan tujuan organisasi Pelajar Anti Narkoba (PELANA) Kabupaten Batang ketika masih maraknya kasus penyalahgunaan Narkoba di kalangan pelajar.

Teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif dengan mengumpulkan data kemudian di analisis. Landasan teori dimanfaatkan sebagai pemandu agar fokus penelitian sesuai dengan fakta yang terjadi di lapangan. Dari pengumpulan data yang telah dilakukan,mendapatkan hasil : Pelajar Anti Narkoba (PELANA) adalah organisasi yang dibutuhkan dan penting dibentuk untuk membantu dalam upaya penanggulangan penyalahgunaan Narkoba dikalangan pelajar Kabupaten Batang.

 

Kata Kunci : Penyalahgunaan Narkoba,Pelajar,PELANA


Peneliti/Penulis