Detail Penelitian / Publikasi / Kajian

Bapelitbang Kab.Batang

Peran Lokalisasi Dalam Meminimalisir Penularan HIV/AIDS di Kabupaten Batang (Studi Kasus di 7 Lokalisasi di Wilayah Kabupaten Batang


Info Artikel

Jenis Dokumen :
Penelitian

Tahun Terbit/Pelaksanaan :
2013

Abstrak

      Idealnya lokalisasi menyediakan pelayanan kesehatan rutin kepada warganya. Seiring perkembangannya, lokalisasi terkadang datang tidak sebagai solusi, hanya sebagai tempat dimana pelakunya seperti dilegalkan. Akibatnya, kurangnya pengetahuan tentang HIV/AIDS akan membawa pelaku prostitusi pada akibat tertular HIV/AIDS. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran lokalisasi dan mengetahui langkah pemerintah daerah dalam menanggulangi penularan HIV/AIDS.

      Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian dilaksanakan di 7 lokalisasi di wilayah Kabupaten Batang. Metode yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi.

      Hasil penelitian diperoleh bahwa peran lokalisasi di antaranya petugas kesehatan lebih mudah untuk memberikan pelayanan kesehatan, baik IMS maupun HIV/AIDS, mempermudah pendampingan ODHA, dan meminimalisir penularan HIV/AIDS dalam artian kasus HIV terdeteksi dini agar tidak sampai pada tahap AIDS. Langkah pemerintah daerah dalam menanggulangi penularan HIV/AIDS dengan cara pencegahan dan penanggulangan HIV/AIDS, di antaranya cek kesehatan IMS dan HIV/AIDS, edukasi dan sosialisasi, penjangkauan dan pendampingan pada populasi kunci, pemberian obat gratis, rehabilitasi, dan pendampingan ODHA.

      Saran, langkah pentahapan perlu dilaksanakan dengan mempersempit ruang gerak mulai dari pembersihan warung remang-remang yang terindikasi untuk prostitusi, penyatuan/penyempitan lokalisasi dari 7 titik menjadi 2 titik, pemberdayaan ekonomi bagi WTS dan warga sekitar lokalisasi, serta deportasi bagi penduduk yang berasal dari luar daerah Kabupaten Batang.

Kata Kunci : Lokalisasi, Meminimalisir, HIV/AIDS


Peneliti/Penulis