Detail Penelitian / Publikasi / Kajian

Bapelitbang Kab.Batang

PEMODELAN PROSES ELISITASI KEBUTUHAN DENGAN TEKNIK USE CASE (STUDI KASUS : PEMBANGUNAN APLIKASI E - MARKETPLACE PERTANIAN PADA PEMERINTAH KABUPATEN BATANG)


Info Artikel

Jenis Dokumen :
Publikasi

Tahun Terbit/Pelaksanaan :
2020

Abstrak

Elisitasi kebutuhan menjadi penyebab utama potensi kegagalan pembangunan perangkat lunak. Sektor pertanian menjadi sektor yang dominan dalam menopang perekonomian masyarakat Kabupaten Batang. Permasalahan yang sering muncul adalah persoalan distribusi produk hasil pertanian. Kelompok petani tidak diuntungkan karena rantai distribusi penjualan produk pertanian yang panjang. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, e-marketplace dapat dijadikan sebagai alternatif bagi petani untuk menjual hasil pertaniannya secara online. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk memodelkan proses elisitasi kebutuhan dengan teknik use case, sebagai langkah awal untuk pembangunan aplikasi e-marketplace.

Tahapan penelitian yang digunakan yaitu melakukan studi pustaka, mengumpulkan data dan informasi dengan wawancara dan observasi, melakukan analisis kebutuhan, dan memodelkan elisitasi kebutuhan, tools pemodelan yang digunakan adalah teknik use case. Hasil penelitian berupa model elisitasi kebutuhan fungsional dan elisitasi kebutuhan non fungsional yang digambarkan dengan diagram use case. Pemodelan elisitasi kebutuhan teknik use case ini dapat terus dikembangkan untuk tahapan perancangan dan pembangunan atau coding dari e-marketplace pertanian. 


Peneliti/Penulis