Detail Penelitian / Publikasi / Kajian
Bapelitbang Kab.Batang
PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTU MEDIA MANIPULATIF UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR FISIKA
Info Artikel
Jenis Dokumen :Publikasi
Tahun Terbit/Pelaksanaan :
2020
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas
belajar fisika
dan mengetahui
respon siswa kelas XI MIPA 2 SMA Negeri 1 Bandar terhadap proses pembelajaran menggunakan model discovery
learning berbantu media manipulatif. Diharapkan dengan model pembelajaran ini, aktivitas belajar fisika meningkat
dan siswa memberikan respon
positif terhadap proses pembelajaran
Tempat penelitian dilakukan di SMA
Negeri 1 Bandar. Subyek penelitian adalah siswa kelas XI MIPA 2 semester 2 tahun
pelajaran 2020/2021 yang berjumlah 36
siswa. Metode dalam
penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Banyak tindakan sebanyak 2
siklus. Tiap-tiap siklus terdiri atas empat tahapan meliputi perencanaan
tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi hasil tindakan, dan
refleksi hasil tindakan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa model
pembelajaran discovery learning berbantu media manipulatif dapat
meningkatkan aktivitas belajar fisika siswa dari kondisi awal siklus I 70,5 %
menjadi 81,5 % pada kondisi akhir siklus II, berarti ada peningkatan sebesar 11
% dan menerima
respon positif dari siswa sebesar 93,13 %.
Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran
discovery learning berbantu media manipulatif dapat meningkatkan
aktivitas belajar fisika dan memberikan respon positif terhadap proses
pembelajaran.
Peneliti/Penulis