Detail Penelitian / Publikasi / Kajian

Bapelitbang Kab.Batang

PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTU MEDIA MANIPULATIF UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR FISIKA


Info Artikel

Jenis Dokumen :
Publikasi

Tahun Terbit/Pelaksanaan :
2020

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas belajar fisika dan mengetahui respon siswa kelas XI MIPA 2 SMA Negeri 1 Bandar terhadap proses pembelajaran menggunakan model discovery learning berbantu media manipulatif. Diharapkan dengan model pembelajaran ini, aktivitas belajar fisika meningkat dan siswa memberikan respon positif terhadap proses pembelajaran

Tempat penelitian dilakukan di SMA Negeri 1 Bandar. Subyek penelitian adalah siswa kelas XI MIPA 2 semester 2 tahun pelajaran 2020/2021 yang berjumlah 36 siswa. Metode dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Banyak tindakan sebanyak 2 siklus. Tiap-tiap siklus terdiri atas empat tahapan meliputi perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi hasil tindakan, dan refleksi hasil tindakan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran discovery learning berbantu media manipulatif dapat meningkatkan aktivitas belajar fisika siswa dari kondisi awal siklus I 70,5 % menjadi 81,5 % pada kondisi akhir siklus II, berarti ada peningkatan sebesar 11 % dan menerima respon positif dari siswa sebesar 93,13 %.

Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran discovery learning berbantu media manipulatif dapat meningkatkan aktivitas belajar fisika dan memberikan respon positif terhadap proses pembelajaran.


Peneliti/Penulis