Detail Penelitian / Publikasi / Kajian
Bapelitbang Kab.Batang
Pengembangan Model Promosi Wisata Kabupaten Batang dengan Mobile Augmanted Reality
Info Artikel
Jenis Dokumen :Penelitian
Tahun Terbit/Pelaksanaan :
2018
Abstrak
Penyajian informasi objek wisata di Kabupaten Batang saat ini dilakukan dengan media brosur,spanduk,reklame,dan website. Selain website media promosi tersebut hanya bisa dilihat ketika wisatawan sudah berada dilokasi wisata. Belum adanya media informasitersebut tentunya menjadi permasalahan bagi wisatawan untuk untuk mendapatkan informasi yang akurat tepat waktu dan relevan tentang objek wisata yang akan dikunjungi. penelitian ini bertujuan untuk membuat model promosi wisata di Kabupaten Batang dengan memanfaatkan Mobile Augmented Reality.
Metode
penelitian ini digunakan meliputi metode pengumpulan data yang
dilakukan dengan observasi dan pengamatan.metode pengembangan sistem dan
metode pengujian. Metode pengembangan sistem yang digunakan adalah
metode waterfall dengan tahapan : communication,planning,modeling,construction dan deployment.
Hasil dari penelitian ini adalah terbetuknya sebuah aplikasi
promosi wisata Kabupaten Batang dengan memanfaatkan teknologi Mobile Augmented
Reality. Dari hasil pengujian yang dilakukan di Alun-alun Kabupaten Batang,
didapatkan hasil 9 (Sembilan) objek wsiata terdeteksi dan 6 (enam) objek wsiata
tidak terdeteksi. Beberapa objek wisata tidak terdeteksi karena jarak dari
lokasi pengujian terlalu jauh (lebih dari 20 Km).
Perlu dilakukan penambahan lokasi wisata yang lebih banyak dan pengujian terhadap aplikasi promosi wisata Kabupaten Batang dengan memanfaatkan teknologi Mobile Augmented Reality dengan menggunakan beberapa perangkan mobile android yang memiliki spesifikasi dan koneksi jaringan internet yang berbeda.
Peneliti/Penulis
Nama | MUCH. RIFQI MAULANA, M.Kom dan ICHWAN KURNIAWAN, M.Kom. ( ) | |
Afiliasi | - | |
Bidang Kepakaran | - |