Detail Penelitian / Publikasi / Kajian
Bapelitbang Kab.Batang
HUBUNGAN RESPONSE TIME PELAYANAN DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN DI INSTALASI GAWAT DARURAT ( IGD ) RSUD BATANG
Info Artikel
Jenis Dokumen :Publikasi
Tahun Terbit/Pelaksanaan :
2020
Abstrak
Latar Belakang : Response
time merupakan
kecepatan dalam penanganan pasien, dihitung sejak pasien datang sampai dilakukan
penanganan. Waktu tanggap yang baik bagi pasien yaitu ≤ 5 menit. Pelayanan yang
cepat dan tepat sangat dibutuhkan didalam pelayanan IGD. Kepuasan pasien
menurut model kebutuhan adalah suatu keadaan dimana kebutuhan, keinginan dan
harapan pasien dapat dipenuhi melalui produk atau jasa yang dikonsumsi. Tujuan : Secara umum penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui adakah hubungan response
time pelayanan dengan tingkat kepuasan pasien di Instalasi Gawat Darurat
(IGD) RSUD Batang. Kemudian secara khusus mempunyai tiga tujuan yaitu untuk
mengidentifikasi response time pelayanan,
mengidentifikasi tingkat kepuasan pasien dan menganalisa hubungan response time pelayanan dengan tingkat
kepuasan pasien di Instalasi Gawat Darurat (IGD) RSUD Batang. Metode Penelitian : Penelitian ini
menggunakan desain penelitian observasional korelasional. Metode penelitian
yang digunakan adalah metode survei dengan pendekatan cross sectional. Populasi pada penelitian ini adalah rata – rata
kunjungan pasien Instalasi Gawat Darurat (IGD) RSUD Batang dalam 6 bulan
terakhir sejak bulan April sampai dengan September 2019. Jumlah sampel
penelitian sebanyak 93 responden. Hasil
Penelitian : Berdasarkan hasil analisa dengan menggunakan uji statistik Chi
Square dengan program SPSS versi 24 didapatkan nilai signifikansi (Asymp. Sig)
= 0,027 < α = 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima, yang berarti ada
hubungan antara response time pelayanan
dengan tingkat kepuasan pasien di IGD RSUD Batang Kesimpulan : Response time pelayanan
di IGD RSUD Batang dengan kategori baik sebanyak 90 responden (96,8%),
sedangkan pada kategori kurang baik sebanyak 3 responden (3,2%). Tingkat
kepuasan pasien di IGD RSUD Batang menunjukkan sebanyak 28 responden (30,1%)
kurang puas, 39 responden (41,9%) puas dan sebanyak 26 responden (28,0%) sangat
puas.
Peneliti/Penulis